Menggunakan prototipe pada praktik mengajar di sekolah

    Nama Anggota Kelompok

 Arisky Suci Puspita

 Alex Vander Siagian

 Bunga Ronti Munte

 Dandi Agustian

 Desuci Mernajezi

 Eriyen Gustina Ulfa

 Festriani Claresta Ndruru


Menggunakan prototipe pada praktik mengajar di sekolah

1.Latar Belakang Profil Pengguna

Karakteristik peserta didik :

·       Peserta didik memiliki gaya belajar yang beraneka ragam dan kebanyakan dari peserta didik memiliki gaya belajar audio dan kinestetik

·       Peserta didik sudah terbiasa belajar dengan metode ceramah dari guru melalui penjelasan langsung

·       Peserta didik kebanyakan memiliki motivasi belajar yang rendah dikarenakan proses pembelajaran yang sebelumnya dilakukan dengan metode ceramah sangat membosankan dan membuat peserta didik merasa ngantuk saat belajar di dalam kelas

·       Peserta didik lebih mudah memahmi materi pembelajaran dengan melihat langsung contoh atau benda yang sesuai dengan materi yang sedang di bahas (praktek langsung).

 

2.     Perumusan tujuan

Perumusan tujuan pada topik 3 :

“Bagaimana kita bisa membuat media belajar IPS yang mampu menarik minat belajar peserta didik agar peserta didik kelas XI dapat bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran?”

            Dari hasil pemungutan suara dan pengelompokkan suara terpilih 2 ide dengan hasil paling besar yakni yakni ide nomor 1 dan ide nomor 8. Pada tahap ini kami akan menggabungkan 2 ide tersebut agar proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan yakni dengan memilih ide nomor 8 yakni memanfaatkan barang dan alat yang ada disekitar yang bisa digunakan menjadi media pembelajaran pada materi uang dan lembaga keuangan dan menggunakan ide nomor 1 yakni melakukan kegiatan fun game dengan model pembelajaran quick on the draw saat melakukan kuis atau game dengan memanfaatkan wordwall pada akhir pembelajaran agar pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

 Dokumentasi Proses


Gambar 1. Peserta didik bersama kelompok membawa dan menunjukkan contoh dan jenis-jenis uang yang dimiliki.


Gambar 2. Setiap kelompok bekerjasama untuk berlomba menjawab setiap pertanyaan yang ada dikertas game secara bergantian dan menempelkannya di depan kelas (papan tulis).


Gambar 3. Peserta didik bermain game dari wordwall secara bergantian dan jika benar mendapat nilai tambahan

1.     Penjelasan mengenai prototipe

Media pembelajaran berbasis wordwall terdiri dari berbagai bentuk yang bisa di manfaatkan untuk membuat kuis dalam bentuk game kepada peserta didik sehingga dengan begitu peserta didi semakin semangat dalam pembelajaran. terdapat berbagai fitur dalam media pembelajaran dengan wordwall seperti dibawah ini.

Gambar 1. Contoh fitur dalam wordwall


Media pembelajaran selanjutnya yakni terbuat dari sticky notes yang berwarna-warni dan di dalamnya berisi pertanyaan yang akan di jawab oleh peserta didik. Media belajar wordwall ini sangat baru bagi peserta didik sebab sebelumnya mereka lebih banyak melakukan pembelajaran dengan model ceramah, dengan adanya media pembelajaran menggunakan media yang baru peserta didik sangat antusias dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan.

 




Gambar 4. Tampilan Stick notes yang digunakan dalam pembelajaran.


Gambar 5. Tampilan Stick notes yang digunakan dalam pembelajaran dalam LkPD peserta didik


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS CJR EKONOMETRIKA KEL 2 BUNGA, MIRA, PRANSISKO

jurnal perekonomian indonesia