Menggunakan prototipe pada praktik mengajar di sekolah
Nama Anggota Kelompok
Arisky Suci Puspita
Alex Vander Siagian
Bunga Ronti Munte
Dandi Agustian
Desuci Mernajezi
Eriyen Gustina Ulfa
Festriani Claresta Ndruru
Menggunakan prototipe pada praktik mengajar di sekolah
1.Latar Belakang Profil
Pengguna
Karakteristik
peserta didik :
· Peserta
didik memiliki gaya belajar yang beraneka ragam dan kebanyakan dari peserta
didik memiliki gaya belajar audio dan kinestetik
· Peserta
didik sudah terbiasa belajar dengan metode ceramah dari guru melalui penjelasan
langsung
· Peserta
didik kebanyakan memiliki motivasi belajar yang rendah dikarenakan proses
pembelajaran yang sebelumnya dilakukan dengan metode ceramah sangat membosankan
dan membuat peserta didik merasa ngantuk saat belajar di dalam kelas
· Peserta
didik lebih mudah memahmi materi pembelajaran dengan melihat langsung contoh
atau benda yang sesuai dengan materi yang sedang di bahas (praktek langsung).
2.
Perumusan tujuan
Perumusan tujuan
pada topik 3 :
“Bagaimana
kita bisa membuat media belajar IPS yang mampu menarik minat belajar peserta
didik agar peserta didik kelas XI dapat bersemangat dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran?”
Dari hasil pemungutan suara dan
pengelompokkan suara terpilih 2 ide dengan hasil paling besar yakni yakni ide
nomor 1 dan ide nomor 8. Pada tahap ini kami akan menggabungkan 2 ide tersebut
agar proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan yakni dengan memilih ide
nomor 8 yakni memanfaatkan barang dan alat yang ada disekitar yang bisa
digunakan menjadi media pembelajaran pada materi uang dan lembaga keuangan dan
menggunakan ide nomor 1 yakni melakukan kegiatan fun game dengan model
pembelajaran quick on the draw saat melakukan kuis atau game dengan
memanfaatkan wordwall pada akhir pembelajaran agar pembelajaran lebih
menyenangkan dan tidak membosankan.
Dokumentasi
Proses
Gambar 1. Peserta didik bersama
kelompok membawa dan menunjukkan contoh dan jenis-jenis uang yang dimiliki.
Gambar 2. Setiap kelompok
bekerjasama untuk berlomba menjawab setiap pertanyaan yang ada dikertas game
secara bergantian dan menempelkannya di depan kelas (papan tulis).
Gambar 3. Peserta didik bermain game dari wordwall secara bergantian dan jika benar mendapat nilai tambahan
1. Penjelasan mengenai prototipe
Media pembelajaran
berbasis wordwall terdiri dari berbagai bentuk yang bisa di manfaatkan untuk
membuat kuis dalam bentuk game kepada peserta didik sehingga dengan begitu
peserta didi semakin semangat dalam pembelajaran. terdapat berbagai fitur dalam
media pembelajaran dengan wordwall seperti dibawah ini.
Gambar
1. Contoh fitur dalam wordwall
Media pembelajaran selanjutnya yakni terbuat dari sticky notes yang berwarna-warni dan di dalamnya berisi pertanyaan yang akan di jawab oleh peserta didik. Media belajar wordwall ini sangat baru bagi peserta didik sebab sebelumnya mereka lebih banyak melakukan pembelajaran dengan model ceramah, dengan adanya media pembelajaran menggunakan media yang baru peserta didik sangat antusias dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan.
Gambar 4. Tampilan Stick notes yang digunakan dalam pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar